Video Coaching di Smesco Digipreneur Day

Dalam rangka meningkatkan kualitas UKM Indonesia, terutama UKM binaan mereka, SMESCO Indonesia menyelenggarakan #SMESCODigipreneurDay pada tanggal 18 Juni 2016 kemarin.

Dalam acara ini, digelar acara video coaching bersama Bening Kharisma dan Yosa Tobing. Mereka adalah praktisi di dunia videografi. Mereka berbagi ilmu yang mereka miliki kepada para peserta dan berikut salah satu video liputan acara ini.

Video Coaching Smesco Digipreneur Day

Dalam video coaching ini, para peserta diajarkan cara membuat dan mengedit video. Antara lain yang disampaikan untuk tips dalam membuat video adalah:

  1. Pesan, Audiens dan Durasi
  2. Ikuti Treatment
  3. Tentukan teknik framing yang digunakan
  4. Pakai peralatan yang tepat
  5. Edit video dengan editor yang memang familiar

Pesan, Audiens dan Durasi

Dalam video, kita sebagai pembuat video, harus mampu menyampaikan pesan ke orang yang tepat. Dan untuk ini juga harus diperhatikan durasi video. Rata-rata orang Indonesia lebih menyukai video yang singkat.

Tips: Durasi video hendaknya jangan lebih dari 6 menit.

Treatment

Treatment di sini maksudnya adalah sebelum mengambil video, kita sudah memiliki gambaran seperti apa nanti jalan cerita dalam video yang dimaksudkan. Gak asal shoot.

Teknik Framing

Ada banyak teknik framing dalam pengambilan video. Kita juga harus sudah memikirkan teknik yang ingin kita gunakan dalam video yang kita buat dan akan edit nantinya.

Peralatan Video

Peralatan pengambilan video yang canggih akan menghasilkan kualitas bagus, jika digunakan dengan baik. Tapi, sekarang ini jamannya smartphone canggih dengan kualitas video rekaman yang tidak kalah. Jadi manfaatkanlah smartphone kalian untuk pengambilan video.

Editing Video

Melakukan edit di video yang kita ambil itu lazim. Karenanya dianjurkan untuk menggunakan alat edit video yang memang kita pahami. Yang memang kita kuasai. Banyak tools untuk edit video, baik gratisan maupun berbayar sekarang ini. Cari yang memang mudah dan cocok dengan diri kita.

Kesimpulan dalam Membuat dan Edit Video

Memang tidak mudah membuat video. Selalu mulai dengan target yang ingin kita tuju dengan video itu dan gambaran besar seperti apa jalan cerita video kita. Kemudian edit video sebagaimana kita inginkan menggunakan alat edit video yang kita punya.

Membuat video berkualitas bisa dengan smartphone kamu.

Video ini dibuat oleh Dani Rachmat (blogger: danirachmat.com) dan tulisan dirangkum dari tulisan di blog - Membuat dan Mengedit Video.

Jika kamu termasuk anak muda yang suka membuat video, jangan sungkan mengirimkan video kamu ke email - info@idcaster.co.id. Video terpilih akan dipasang di webtv.id ini.

No Comments Yet.

Leave a comment

*